obat kutu burung terbaik, obat kutu burung murai, cara menghilangkan kutu pada lovebird, cara penggunaan kututox, kututox untuk kenari, cara menghilangkan kutu pada burung, harga obat kutu kenari, obat kutu kenari tradisional, membersihkan kutu kenari, harga obat kutu kenari, harga obat kutu jatijajar, obat no kutu, obat kutu burung terbaik, merk obat kutu burung, obat kutu kenari terbaik

Media Burung Indramayu - Tahukah Anda? Ternyata sabun cuci piring itu tidak hanya untuk membersihkan kotoran-kotoran pada piring ataupun peralatan dapur saja. Di tangan Om Dody Gondrong, ternyata sabun cuci piring seperti Sunlight ini digunakan untuk menghilangkan kutu-kutu pada burung Kenari.

Pria berambut gondrong yang berprofesi sebagai seorang pedagang burung di pasar ini seringkali mendapatkan burung Kenari dengan kondisi yang sangat memprihatinkan dan bahkan kurang terawat. Alhasil, ia harus merawat burung-burung tersebut itu sebelum dijual ke konsumen kalangan kicau mania.

Baca juga : 5 Cara Cepat Membuat Kenari Gacor dalam Hitungan Hari

“Kadang entuk manuk le wulune reget, ono tlotol-tlotol ireng, tumonen, disawang nyepetke moto. Asal regone masuk, yo tetep tak tuku,” ujar Om Gondrong seperti yang dikutip dari situs Burungnews.com (27/6/2017).

Terapi Mandi Sabun Cuci Piring

Dari seringnya Om Gondrong mendapatkan burung Kenari yang kutuan, akhirnya Om Dody Gondrong menemukan sebuah cara cepat dan super hemat untuk mengatasi masalah bulu yang kusam dan penuh kutu pada burung Kenari tersebut. Cara yang terbilang cukup unik ini yakni menggunakan terapi mandi sabun cuci piring Sunlight.

obat kutu burung terbaik, obat kutu burung murai, cara menghilangkan kutu pada lovebird, cara penggunaan kututox, kututox untuk kenari, cara menghilangkan kutu pada burung, harga obat kutu kenari, obat kutu kenari tradisional, membersihkan kutu kenari, harga obat kutu kenari, harga obat kutu jatijajar, obat no kutu, obat kutu burung terbaik, merk obat kutu burung, obat kutu kenari terbaik
Menurutnya, pemakaian sabun mandi khusus burung itu terlalu mahal dan sulit didapatkan. Daripada burung kita mati karena terlalu lama kutuan, maka Om Dody Gondrong memutuskan untuk memilih cara yang cepat yaitu memandikan burung Kenari dengan memakai sabun cuci piring Sunlight.

“Men wulune kinclong ro tumone mati, biasane tak adusi nganggo sunlight manuke. Kesuwen nak nganggo sampo le larang tur angel golekane kae, selak mati manuke,” lanjutnya Om Gondrong sambil tersenyum.

Dody Gondrong pun juga mengatakan bahwa selama masa mempraktekkan cara terapi mandi sabun cuci piring tersebut, belum ada satu pun burung Kenari Om Gondrong yang mati. Ia malah mengklaim bahwa metode mandi sabun cuci piring ini bisa menurunkan birahi burung Kenari yang sedang over birahi (OB).

Cara Memandikan Burung Kenari Menggunakan Sabun Cuci Piring

Sebelum kita melakukan terapi mandi memakai sabun cuci piring Sunlight, Anda harus memastikan terlebih dahulu kondisi burung Kenari tersebut sedang sehat atau fit, alias tidak dalam kondisi lemas ataupun nyekukruk.

Kalau burung sudah dipastikan kesehatannya, maka Anda bisa memulai menjalankan pembersihan kutu tersebut di bulu Kenari menggunakan Sunlight:
  1. Caranya sangat mudah, Anda tinggal mencampurkan saja setengah botol air dengan lima tetes sabun Sunlight, kemudian kocok hingga merata.
  2. Semprotkan satu per satu bulu sayap dan juga ekor burung Kenari anda, mulai dari pangkal hingga ujung bulu. Penyemprotan dilakukan sampai bintik-bintik hitam (kutu dan telurnya) semua menghilang.
  3. Satu hal yang perlu diperhatikan, dalam hal menyemprot bulu burung Kenari, Anda harus menghindari dibagian kepalanya. Semprot saja di bagian leher hingga ekor burung Kenari.
  4. Selain itu, Anda tak perlu membilas sabun cuci piring tersebut di tubuh burung Kenari. Anda bisa langsung menjemur si burung Kenari di tengah teriknya sinar matahari atau juga diangin-anginkan sampai bulu kenari kering dengan sendirinya.
  5. Jika bulu burung Kenari sudah kering semua, Anda cukup menyediakan wadah cepuk air untuk mandi. Kemudian, biarkan burung Kenari mandi sendiri didalam cepuk. Selesai mandi, kemudian burung Kenari diangin-anginkan sebentar. Setelah itu, bulu Kenari akan menjadi kinclong dan siap dibawa ke lapangan.

Waspada Penyebaran Kutu ke Burung

Setelah ini, Anda harus hati-hati atau waspada terhadap penyebaran kutu pada burung. Pasalnya, kutu itu bisa menyebar melalui berbagai barang dan juga peralatan yang dimiliki burung.

Berikut ini beberapa media penyebaran kutu ke burung peliharaan :
  • Keramba mandi yang digunakan bergantian dengan burung lainnya. Kalau burung mandi gunakanlah keramba sendiri. Jangan memakai keramba mandi dari burung lain secara bergantian.
  • Air bekas dari mandi burung lain. Biasanya air tersebut meninggalkan telur ataupun kutu yang bisa menular ke burung Anda.
  • Kerodong yang digunakan burung lain juga bisa menjadi media penyebaran kutu pada burung. Oleh karena itulah, jangan terbiasa untuk meminjam kerondong burung lain.
  • Voer dari pakan burung lain, itu juga sangat berpotensi sebagai media penyebaran kutu pada burung. Maka dari itulah, sebaiknya Anda tak meminta voer burung lain. Hal tersebut karena wadah pakan voer burung lain yang biasanya jarang dibersihkan seringkali dijadikan tempat tinggal kutu dan bahkan tempat bertelur kutu.
  • Sangkar burung lain yang juga jarang dibersihkan harus diwaspadai. Sangkar jenis seperti ini biasanya menjadi tempat atau sarang penyakit dan kutu. Jadi, jangan sampai menggunakan sangkar ataupun kandang yang kotor. Lebih baik, bersihkan sangkar tersebut itu dengan sabun antiseptik atau obat anti kutu terlebih dahulu.

Cara Menghindari Kutu Pada Burung
  • Anda harus rutin untuk membersihkan kandang atau sangkar.
  • Gunakan keramba mandi sendiri.
  • Jemur burung secara berkala tiap pagi. Metode penjemuran bisa meminimalisir perkembangbiakan kutu dan jamur diluar tubuh si burung.
  • Hindari suasana yang lembab. Lingkungan atau kandang harus kering. Jadi, setelah anda membersihkan sangkar, kalau bisa burung tak langsung di masukkan kedalamnya. Tunggu hingga mengering.
  • Lakukan penyemprotan obat kutu atau antiseptik secara rutin pada benda-benda yang masih berhubungan dengan burung.

Baca artikel sebelumnya : 6 Penyakit Burung Kenari dan Cara Mengatasinya

Demikianlah informasi dari Media Burung Indramayu terkait tips dan cara mengatasi atau menghilangkan kutu pada burung kenari kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat dan trima kasih banyak...

Sumber : burungnya.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah menyimak artikelnya, silahkan berikan komentar anda terkait ini...

 
Media Burung Indramayu © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top