Adaptasi Lingkungan untuk Kacer yang Baru Dibeli, Jangan lakukan 4 hal ini pada burung yang baru dibeli | KLUB BURUNG, Mengkondisikan burung yang baru dibeli agar cepat bunyi

Adaptasi Lingkungan untuk Kacer yang Baru Beli - Kacer yang baru saja dibeli adalah burung Kacer yang masih asing dengan lingkungan terbarunya. Saat burung kacer ini menempati lingkungan yang masih baru, burung cenderung lebih diam dan enggan untuk bersuara. Tak hanya itu, burung juga sangat mudah stres, yang terutama jika lingkungan tersebut tidak kondusif.

Maka dari itulah, untuk menghindari hal-hal seperti ini, sudah sewajarnya jika anda memberikan pelatihan adaptasi lingkungan untuk burung Kacer yang baru dibeli.

Baca juga : Bongkar Rahasia, Cara Mengatasi Manuk Kacer yang Suka Salto

Pelatihan adaptasi semacam ini mencakup beberapa hal misalnya seperti, makanan, perawatan, dan juga pengenalan lingkungan. Perawatan seperti ini sangat dianjurkan sekali untuk burung-burung yang baru dibeli dari pasar burung, baik itu Lovebird, Murai, maupun juga Kacer.

Adapun pelatihan-pelatihan adaptasi yang bisa Anda ajarkan kepada burung Kacer adalah sebagai berikut:

1. Pembelian kacer
Saat Anda sudah membeli burung Kacer dan ingin membawanya pulang ke rumah, sebaiknya Anda kerodong dulu sangkarnya. Atau jika Anda tidak menggunakan sangkar, Anda bisa juga menggunakan karton sebagai pengganti sangkar dan juga kerodong. Pengkrodongan ini fungsinya untuk menjaga burung supaya tidak stres. Pasalnya, jika burung kacer melihat situasi jalanan yang ramai, besar kemungkinan burung kacer akan menjadi stres.

2. Pelatihan kacer
Pelatihan adaptasi lingkungan untuk burung Kacer bisa Anda lakukan untuk melatih burung supaya tidak kaget dengan lingkungan yang barunya. Selain itu, hal ini juga sangat wajib Anda lakukan untuk menghindari masalah stres yang disebabkan karena perawatan dan lingkungan yang masih baru.

Adapun pelatihan-pelatihan yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:
  • Saat burung kacer masih kotor, sebaiknya Anda bersihkan burung kacer dengan memandikannya.
  • Setelah itu, berilah burung kacer 2 ekor jangkrik.
  • Setelah diberi pakan EF, Anda bisa langsung mengkerodong sangkar burung Kacer selama 7 hari penuh. Sedangkan untuk proses pemandian serta pemberian pakan, kerodong bisa dilepaskan untuk sementara waktu.
  • Isi cepuk EF dengan kroto, dan pastikanlah kroto tersebut selalu tersedia dalam cepuk.
  • Saat pagi dan sore hari, anda berikanlah burung Kacer EF dulu selama 2-3 hari. Sedangkan untuk takaran pemberiannya yaitu sekitar 2-3 ekor untuk sekali pemberian.
  • Jika sudah masuk hari keempat, Anda bisa mencampurkan pakan EF dengan voer.
  • Jika sudah memasuki hari kelima dan hari keenam, Anda bisa pisahkan antara pakan EF dengan pakan voer.

Dalam pelatihan beradaptasi lingkungan untuk burung Kacer ini, Anda bisa memandikan burung Kacer ini pada pagi hari. Sedangkan untuk penjemuran sendiri, Anda bisa melakukannya selama 30-60 menit dalam sehari. Tapi ingat, lakukanlah penjemuran burung di bawah jam 10 pagi. Pasalnya, sinar matahari di atas jam 10 pagi itu tidaklah baik untuk kesehatan dan kecantikan bulu burung.

Baca artikel sebelumnya : Terbukti Ampuh!! Rahasia Merawat Manuk Kacer Harian

Itu saja informasi Adaptasi Lingkungan untuk Kacer yang Baru Beli. Semoga para kacer mania dapat menyimak artikel di atas dengan baik dan cobalah lakukan cara-cara di atas agar kacer yang baru anda beli bisa jinak dan beradaptasi. Terima kasih banyak...

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah menyimak artikelnya, silahkan berikan komentar anda terkait ini...

 
Media Burung Indramayu © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top