makanan murai batu yang bagus, pengganti jangkrik untuk murai batu, perawatan murai batu tanpa kroto, pengganti kroto untuk murai batu, pengganti kroto untuk kacer, efek kroto pada murai, murai batu tidak mau makan kroto, telur puyuh untuk murai, harga kroto eceran, harga kroto 2018, harga kroto per kilo 2018, harga kroto 1 kg 2018, harga kroto per kg 2018, harga kroto super, harga kroto semut rangrang, harga kroto di pekanbaru, efek murai batu kebanyakan kroto, manfaat kroto untuk murai mabung, takaran kroto untuk murai, efek negatif pemberian kroto setiap hari pada murai batu, murai kroto tiap hari, manfaat kroto untuk kacer, murai batu full kroto

Kroto

Makanan Murai Batu - Di musim kemarau yang seperti sekarang ini, ketersediaan kroto tidak begitu banyak. Pasar burung pun bahkan terkadang sampai kesulitan mendapatkan kroto tersebut sebagai makanan burung Murai Batu. Tapi ada alternatif lain untuk bisa mendapatkan pengganti pakan kroto yaitu dengan memberikan makanan yang memiliki kandungan protein hewani.

Meskipun makanan pengganti kroto tersebut ini tidak sepenuhnya setara dengan kroto aslinya akan tetapi paling tidak kandungannya hampir sama dengan kandungan pada kroto atau telur semut rangrang. Pakan tersebut ini bisa diberikan untuk sementara waktu saja sambil menunggu ketersediaan kroto di pasaran pulih kembali. Jika pakan kroto sudah banyak tersedia, maka sebaiknya Anda bisa memberikan kroto segar kembali ke burung Murai Batu.

Kandungan protein hewani buatan adalah sebagai alternatif pengganti kroto ini tidak berasal dari satu jenis makanan saja. Tetapi kandungan ini didapat dari perpaduan berbagai jenis makanan.

Ada pula makanan pengganti kroto yang didapat dari perpaduan tahu dan juga jangkrik. Ada ada juga makanan yang berasal dari perpaduan putih telur dan jangkrik, serta beberapa perpaduan lainnya, seperti yang dilansir dari situs Omkicau.com (23/8/2018). Penasaran dengan makanan-makanan Murai Batu pengganti kroto, mari kita simak cara pembuatannya sebagai berikut ini.

Baca | 2 Racikan Pakan Lovebird Konslet dan Cara Melatihnya



  1. Makanan pengganti kroto dari tahu putih dan jangkrik.
  2. Makanan pengganti kroto dari putih telur dan jangkrik.
  3. Makanan pengganti kroto dari telur ayam atau bebek rebus.
  4. Makanan pengganti kroto dari telur rebus, minyak ikan, dan susu bubuk.
  5. Makanan pengganti kroto dari voer basah campur putih telur puyuh rebus.

1. Tahu putih dan jangkrik
Pembuatan makanan pengganti kroto untuk murai batu dari tahu putih dan jangkrik ini cukup mudah sekali dibuat. Anda tinggal membeli tahu putih dari pasar terdekat atau warung terdekat anda, kemudian letakkan di wadah.
  • Tahu putih diremas-remas hingga berbentuk butiran kasar.
  • Setelah tahu tersebut jadi butiran kasar, lalu tahu putih dijemur selama 2-4 jam saja agar kadar airnya hilang.
  • Setelah kering tahu tersebut diberikan sebagai pakan jangkrik.
  • Kalau jangkrik sudah memakannya, maka jangkrik bisa diberikan ke burung Murai Batu anda sebagai makanan alternatif pengganti kroto.

2. Putih telur dan jangkrik
Ternyata perpaduan putih telur dan juga jangkrik bisa dijadikan makanan pengganti kroto. Proses pembuatannya pun cukup mudah yakni putih telur disuntikkan ke dalam tubuh si jangkrik atau perut jangkrik.
  • Telur dipisahkan antara putih telur dan juga bagian kuningnya.
  • Ambil bagian putih telur tersebut menggunakan alat suntikan, kemudian langsung tusukkan ke jangkrik yang masih hidup.
  • Jangkrik yang diberi putih telur ini cukup tiga ekor saja.
  • Waktu pemberian jangkrik ke murai dengan isi putih telur paling bagus 2 hari sekali saja.
  • Oh ya saat menyuntikan jangkrik usahakan jangan sampai menyakitinya atau membuatnya mati.

3. Telur ayam atau telur bebek rebus
Tahukah Anda ternyata telur ayam atau juga telur bebek yang sudah direbus itu bisa dimanfaatkan sebagai makanan pengganti kroto untuk burung Murai Batu. Cara pembuatannya juga sangat mudah sekali yaitu cukup menggunakan bagian putih telurnya saja.
  • Beli 2 butir telur ayam atau bisa juga telur bebek, kemudian pisahkan bagian putih dan juga kuning-nya. Nanti yang digunakan cuma bagian putih telurnya saja.
  • Setelah putih telur tersebut dipisahkan, lalu langsung masukkan ke dalam kantong plastik bening, dan kemudian ikat dengan tali atau karet.
  • Waktu merebus putih telur didalam kantong plastik tadi kurang lebih selama beberapa menit hingga benar-benar matang.
  • Kalau sudah matang, lalu angkat putih telur rebus tersebut dan dinginkan pada suhu ruangan.
  • Anda bisa memberikan putih telur rebus tersebut secara langsung setelah dikupas plastiknya atau diparut dulu dengan menggunakan parutan keju kemudian diberikan kepada burung Murai Batu.

4. Telur rebus, minyak ikan, dan susu bubuk
Makanan lain pengganti kroto yang satu ini mungkin yang paling bergizi dikarenakan dicampur dengan minyak ikan dan juga susu bubuk.
  • Siapkan telur rebus, kemudian potong menjadi 2 bagian.
  • Ambil setengah bagian kuning telur rebus tersebut dan masukkan ke dalam wadah atau mangkuk.
  • Aduk-aduk kuning telur tersebut menggunakan garpu hingga menjadi butiran kasar.
  • Setelah jadi butiran kasar, lalu tambahkan susu bubuk sebanyak 1 sendok teh saja dan aduk-aduk sampai merata.
  • Kalau sudah tercampur merata tambahkan pula 2-3 butir kapsul minyak ikan. Anda cukup memasukkan bagian minyaknya saja ya ke dalam adonan.
  • Terakhir, aduk adonan tersebut sampai merata. Pakan pengganti kroto ini siap disajikan untuk makanan Murai Batu.

5. Voer basah campur putih telur puyuh rebus
Voer basah ini maksudnya voer yang telah dicampurkan dengan air hangat. Sehingga makanan jenis ini nanti harus segera diberikan ke Murai Batu. Apabila tidak habis maka sebaiknya makanan tersebut dibuang saja dan Anda bisa membuat racikan pakan Murai Batu yang baru lagi.
  • Voer dicampur dengan air hangat, kemudian ditambahkan dengan putih telur puyuh rebus.
  • Sebelumnya putih telur puyuh tersebut disaring terlebih dulu dengan saringan teh, baru kemudian dicampur ke dalam adonan voer basah.
  • Perbandingan antara putih telur puyuh dengan voer yakni 60 persen putih telur dan 40 persen voer.
  • Setelah tercampur merata berikan makanan pengganti kroto tersebut ke Murai Batu anakan atau dewasa.

Demikianlah beberapa makanan-makanan pengganti voer dan kroto untuk burung murai batu anda. Sehingga anda pun tidak perlu bingung apabila stok kroto sudah mulai menipis.

Lainnya | 5 Jenis Daun yang Baik Untuk Pleci dan Cara Penyajiannya


Back to Homepage
Sumber : burungnya.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah menyimak artikelnya, silahkan berikan komentar anda terkait ini...

 
Media Burung Indramayu © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top