10 Jenis Tanaman Hijau yang Baik Untuk Lovebird dan Kenari
Jenis Tanaman Hijau untuk Lovebird dan Kenari - Lovebird dan Kenari sendiri termasuk jenis burung pemakan biji-bijian. Akan tetapi, terkadang burung Lovebird dan Kenari tersebut juga suka memakan sayuran dari tanaman hijau atau tanaman herbal. Tanaman hijau dari daun-daunan sendiri terbukti sangat baik untuk kesehatan Lovebird dan juga Kenari.

Meskipun begitu, tidak semuanya jenis tanaman hijau bagus untuk burung Lovebird dan Kenari. Setidaknya, ada beberapa jenis-jenis tanaman herbal di sekitar rumah atau pekarangan yang bisa menyehatkan burung.

Sebagian tanaman-tanaman herbal yang berwarna hijau tersebut memang dianggap cukup aman untuk menjaga kesehatan burung agar terhindar dari penyakit. Bahkan, sebagian besar tanaman bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit Lovebird dan Kenari.

Kira-kira tanaman hijau apa sajakah yang baik untuk Lovebird dan Kenari? Kami sendiri tim MBI (Media Burung Indramayu) akan menyebutkan beberapa jenis tanaman herbal lengkap dengan gambarnya supaya Anda tidak salah memberikan tanaman tersebut ke Lovebird dan Kenari.

Jenis Tanaman Hijau yang Baik Untuk Burung Lovebird dan Kenari

10 Jenis Tanaman Hijau yang Baik Untuk Lovebird dan Kenari
1. Tanaman Daun Krokot
Manfaat daun krokot untuk Lovebird dan Kenari sendiri ternyata sangat luar biasa. Dari pengalaman para kicaumania, daun krokot mampu mendongkrak durasi kerja burung di lapangan. Selain itu juga, daun krokot bisa menjadikan suara Lovebird dan Kenari tambah keras dan bening. Bahkan, kerja burung di lapangan menjadi lebih ngedur dan juga tahan lama.

Cara memberikan daun krokot ke burung Lovebird dan Kenari bisa secara langsung yakni digantung di sela-sela jeruji sangkarnya. Anda juga bisa memberikan daun krokot dalam bentuk tepung tetapi Anda harus menggiling krokot terlebih dahulu. Sebelumnya, kembang krokot dikeringkan di bawah terik sinar matahari, lalu digiling menggunakan mesin penggilingan.

10 Jenis Tanaman Hijau yang Baik Untuk Lovebird dan Kenari
2. Tanaman Daun Peterseli atau Parsley
Pernahka mendengar daun peterseli atau parsley? Daun ini sekilas mirip seperti daun seledri tetapi bentuknya sedikit berbeda. Di luar negeri daun peterseli sendiri sering dijadikan sebagai pakan Lovebird, Kenari, hingga Parkit. Burung-burung tersebut ini sangat menyukainya namun jangan diberikan terlalu banyak.

Pemberian daun peterseli secukupnya saja. Terlebih banyak kalangan yang menganggap bahwa daun peterseli mengandung zat beracun. Sehingga daun tersebut ini dianggap tidak baik untuk burung. Meskipun begitu, racun di dalam daun peterseli sangat sedikit atau dosisnya sangat kecil, sehingga kalau diberikan sedikit tidak jadi masalah.

Manfaat daun peterseli untuk burung Lovebird dan Kenari antara lain yaitu untuk menambah stamina dan produktivitas burung yang proses kawin. Jadi tak heran, daun peterseli banyak digunakan oleh para peternak-peternak Lovebird dan Kenari.

Tak hanya untuk pakan saja, daun peterseli juga bisa digunakan untuk menyembuhkan kaki burung yang terluka atau bengkak. Caranya, daun peterseli ditumbuk atau dilumatkan kemudian ditempelkan pada bagian kaki yang sakit atau bengkak.

10 Jenis Tanaman Hijau yang Baik Untuk Lovebird dan Kenari
3. Tanaman Daun Binahong
Daun binahong juga termasuk tanaman herbal dan tanaman toga atau tanaman obat keluarga. Tetapi, ternyata daun binahong bisa juga dijadikan sebagai pendongkrak suara Kenari. Burung Kenari Dewasa yang masih ngriwik bisa diberi daun binahong supaya cepat buka paruh dan gacor.

Cara pemberian daun binahong ke burung Kenari bisa dengan cara direbus atau juga diambil airnya saja. Nah, air rebusan daun binahong ini bisa dijadikan sebagai pengganti air minum selama masa terapi suara Kenari. Jika tidak mau ribet, Anda bisa memberikan daun binahong secara langsung dengan cara digantung di jeruji sangkar.

10 Jenis Tanaman Hijau yang Baik Untuk Lovebird dan Kenari
4. Tanaman Daun Dewa
Daun dewa dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit termasuk stroke, rematik, diabetes, sakit jatung, hipertensi, kanker, dan lain sebagainya. Kalau untuk burung ternyata daun dewa juga berkhasiat, tetapi manfaatnya berbeda dengan manusia.

Manfaat daun dewa untuk lovebird dan kenari :
  • Memaksimalkan volume suara Lovebird dan Kenari.
  • Meningkatkan stamina burung.
  • Membuat burung lebih aktif berkicau.
  • Obat anti peradangan pada burung.
  • Obat anti stres pada burung.
  • Membuat bulu burung terlihat lebih mengilap, bersih, dan halus.
  • Menyembuhkan burung yang sedang kurus atau berdada nyilet.
  • Menambah berat badan burung agar terlihat lebih berisi.

10 Jenis Tanaman Hijau yang Baik Untuk Lovebird dan Kenari
5. Tanaman Daun Dandelion atau Randa Tapak
Daun dandelion atau randa tapak sekilas mirip dengan daun dewa, tetapi lebih kecil dan tidak lebar. Selain itu juga, ciri khas daun dandelion adalah terdapat bunga yang hampir sama dengan bunga matahari.

Di mancanegara sendiri daun dandelion sering dijadikan sebagai pakan tambahan atau extra fooding (EF) Lovebird dan Kenari. Konon katanya, daun jenis ini dipercaya bisa membuat burung rajin bunyi dan lebih aktif.

10 Jenis Tanaman Hijau yang Baik Untuk Lovebird dan Kenari
6. Tanaman Daun Ginseng Jawa atau Kolesom Jawa
Daun gingseng jawa pun juga manfaatnya hampir sama dengan manfaat jahe untuk Lovebird yakni mampu menjaga stamina supaya tetap fit sehingga membuat burung rajin bunyi.

Sampai saat ini penelitian manfaat dari daun gingseng untuk Lovebird dan Kenari sendiri memang belum pernah ada, tetapi daun ini diyakini para kicau mania sebagai penambah daya tahan tubuh burung Lovebird dan Kenari.

10 Jenis Tanaman Hijau yang Baik Untuk Lovebird dan Kenari
7. Tanaman Daun Kemangi
Daun kemangi seringkali dijadikan sebagai lalapan makanan pecel lele atau ayam goreng. Selain untuk pendamping suatu masakan, ternyata daun kemangi ini juga dimanfaatkan para kicau mania untuk mengatasi berbagai masalah berikut:
  • Mengatasi burung Over Birahi (OB).
  • Menyembuhkan burung yang masuk angin karena cuaca dingin atau hujan.
  • Mengatasi masalah peternakan berupa induk Lovebird dan Kenari yang kurang produktif.

Daun kemangi sendiri juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan kaki burung yang sakit atau terluka dengan cara melumat daun tersebut kemudian ditempelkan pada kaki burung yang luka. Berikut manfaat daun kemangi untuk menyembuhkan kaki burung:
  • Mengatasi kaki burung bengkak.
  • Mengatasi kaki burung bentol-bentol karena gigitan nyamuk atau serangga.
  • Mengatasi bumble foot.
  • Mengatasi penyakit bubulan pada burung.

10 Jenis Tanaman Hijau yang Baik Untuk Lovebird dan Kenari
8. Tanaman Daun Mengkudu
Banyak sekali kicau mania yang memanfaatkan buah mengkudu untuk asupan gizi Lovebird dan Kenari. Ternyata tidak hanya buahnya saja, sebab daun mengkudu pun juga baik untuk Lovebird dan Kenari.

Manfaat daun mengkudu untuk lovebird an kenari :
  • Menyembuhkan suara serak burung.
  • Menjaga stamina burung.
  • Membuat Lovebird dan Kenari lebih tenang serta nyaman.
  • Obat anti stres burung.
  • Mengatasi burung yang obesitas atau kegemukan.
  • Obat antialergi burung.

Cara memberikan daun mengkudu pada lovebird dan kenari yakni cukup digantungkan saja didalam sangkarnya. Tetapi, sebelumnya daun mengkudu harus di cuci terlebih dahulu sampai bersih.

10 Jenis Tanaman Hijau yang Baik Untuk Lovebird dan Kenari
9. Tanaman Kangkung
Kangkung ternyata juga termasuk jenis tanaman hijau yang baik untuk Lovebird, khususnya dalam hal penangkaran burung Lovebird. Manfaat kangkung bisa meningkatkan birahi Lovebird di perlombaan atau saat akan diternak.

Walaupun untuk meningkatkan birahi Lovebird, tetapi burung tersebut tidak akan sampai over birahi. Pasalnya, kangkung memiliki sifat sejuk dan dingin. Biasanya para kicau mania akan memberikan kangkung ke Lovebird sekitar 1 jam sebelum Lovebird digantang di lapangan.

Sebelum diberikan, kangkung tersebut harus dicuci bersih, lalu diangin-anginkan sebentar. Jangan lupa, kalau setelah 4 jam pemberian, kangkungnya belum habis, maka kangkung tersebut bisa diganti dengan kangkung yang masih segar.

Bagian kangkung yang bisa diberikan ke burung Lovebird yaitu daun dan batangnya. Kendati demikian, alangkah baiknya bila Lovebird hanya mengkonsumsi bagian daun kangkung saja.

Manfaat kangkung untuk lovebird :
  • Sebagai penenang Lovebird yang giras atau galak.
  • Meningkatkan birahi Lovebird.
  • Menetralisir racun pada tubuh Lovebird.
  • Menyejukkan tubuh bagian dalam meridian, usus, hingga lambung.
  • Membuat burung Lovebird terhindar dari sakit radang tenggorokan.
  • Memperlancar Lovebird buang kotoran.
  • Membantu burung menghentikan pendarahan.

10 Jenis Tanaman Hijau yang Baik Untuk Lovebird dan Kenari
10. Tanaman Rumput Teki
Rumput teki biasanya sangat disukai oleh kelinci, kambing, sapi, dan lain sebagainya. Ternyata ada sebagian Lovebird yang juga menyukai rumput teki. Bahkan, rumput teki itu sendiri bisa membuat Lovebird ngekek panjang.

Salah satu Lovebird yang makan rumput teki ialah Lovebird New Samba. Lovebird ini jadi rajin ngekek panjang setelah diberi pakan rumput teki. Bahkan, ngekeknya tidak bisa berhenti kalau belum diberi rumput teki.

Cara pemberian rumput teki sendiri bisa secara langsung yakni bagian tebok sangkar dilepas kemudian sangkar Lovebird diletakkan di atas rumput teki yang segar. Biarkan Lovebird memakan rumput teki dengan lahapnya.

Nah, itu saja informasi singkat terkait beberapa jenis tanaman herbal yang mampu meningkatkan stamina lovebird dan kenari. Selamat mencoba...

Back to Homepage
Sumber : burungnya.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah menyimak artikelnya, silahkan berikan komentar anda terkait ini...

 
Media Burung Indramayu © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top