8 Dampak Negatif Pemberian Jangkrik pada Burung Cendet, 8 Dampak Negatif Pemberian Jangkrik pada Burung Cendet, 8 Dampak Negatif Pemberian Jangkrik pada Burung Cendet, Dampak Buruk Pemberian Jangkrik Berlebih pada Burung Cendet

Dampak Negatif Pemberian Pakan Jangkrik pada Burung Cendet - Biasanya jangkrik itu termasuk asupan makanan alami yang sangat bagus untuk burung Cendet. Tetapi, jika pemberian pakan jangkrik terlalu banyak, maka hasilnya bisa berdampak buruk pada burung Cendet atau Pentet tersebut. Diketahui jangkrik memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Hal ini membuat sii burung Cendet rajin berkicau.

Baca juga : Cara Meloloh Anakan Manuk Kacer untuk Pemula

Meskipun begitu, jangan memberikan pakan jangkrik terlalu banyak dan juga terlalu sering karena itu bisa berdampak negatif pada kesehatan burung Cendet itu sendiri, sumber Media Burung Indramayu. Memangnya, apa saja sih dampak negatif dari pemberian jangkrik pada burung Cendet tersebut? Banyak sekali, berikut ini beberapa dampak-dampak negatif pemberian pakan jangkrik yang berlebih pada burung Cendet:
  • Burung Cendet suka salto atau lompat-lompat.
  • Volume suara burung Cendet menjadi semakin pelan.
  • Burung Cendet susah bongkar lagu.
  • Burung Cendet over birahi.
  • Burung Cendet suka cabut ekornya sendiri.
  • Proses mabung burung Cendet lama dan susah mabung.
  • Burung Cendet tidak suka makan voer.
  • Burung Cendet mbagong.

1. Burung Cendet suka salto atau lompat-lompat
Pemberian pakan jangkrik ke burung Cendet seharusnya bisa membuatnya lebih fighter lagi. Tapi, jika diberi pakan jangkrik terlalu banyak makan maka akan menjadikan burung Cendet tersebut suka salto atau lompat-lompatan dalam sangkar. Penyebabnya adalah karena burung Cendet over birahi akibat dari pemberian pakan jangkrik yang berlebih.

2. Volume suara burung Cendet menjadi semakin pelan
Jika biasanya burung Cendet itu menjadi gacor dan juga tembus setelah diberi pakan jangkrik banyak, maka segeralah kurangi porsi pakan jangkriknya. Sebab, lama-kelamaan, pemberian pakan jangkrik yang begitu melimpah justru malah membuat volume suara burung Cendet jadi pelan. Volume burung Cendet yang keluar mungkin hanya 75 persen saja, sehingga penampilan di lapangan akan menjadi kurang maksimal.

3. Burung Cendet susah bongkar lagu
Materi suara burung Cendet sendiri sebenarnya cukup bervariasi. Tapi, apabila diberi pakan jangkrik yang terlalu berlebihan maka yang akan terjadi justru Cendet menjadi susah bongkar lagu. Hasilnya, suara burung Cendet menjadi monoton dan lagunya pun itu-itu saja. Ini tentunya berkaitan erat dengan kondisi perut burung Cendet yang kekenyangan.

4. Burung Cendet over birahi
Semua orang sudah mengetahui bahwa pemberian pakan jangkrik yang berlebihan itu akan membuat burung Cendet over birahi. Hal itu perlu dihindari karena burung Cendet yang sedang over birahi ini biasanya menjadi agresif kepada orang lain ataupun pemiliknya sendiri. Selain itu, burung Cendet juga bakal mengejar sesuatu yang ada didekatnya dan menurunkan performanya selama mengikuti lomba.

5. Burung Cendet suka cabut ekornya sendiri
Efek buruk lainnya dari pemberian pakan jangkrik yang berlebihan adalah burung Cendet suka mencabuti ekornya sendiri. Ya, burung karnivora yang satu ini sering berubah menjadi kanibal dan bahkan mematuk tubuhnya sendiri jika tidak diberi pakan jangkrik. Di samping itu juga, pemberian pakan jangkrik akan membuat tubuh Cendet menjadi panas. Saat tubuh Cendet terasa panas, dia akan merusak ekornya sendiri. Jika sudah seperti ini burung Cendet akan malas berkicau.

6. Proses mabung burung Cendet lama dan susah mabung
Sebenarnya mabung merupakan proses alamiah yang dilewati oleh semua jenis burung apapun. Mabung adalah proses pergantian bulu lama jadi bulu baru. Nah, karena kebanyakan diberi pakan jangkrik, maka burung Cendet akan menjadi susah mabung. Kalau bukan begitu, biasanya proses mabungnya justru malah berlangsung lama.

7. Burung Cendet tidak suka makan  voer
Efek negatif lain dari pemberian pakan jangkrik yang terlalu berlebihan ialah burung Cendet jadi tidak suka memakan voer. Jangkrik sendiri mengandung protein yang sangat tinggi sehingga sangat enak sekali rasanya. Nah, karena burung keseringan diberi pakan yang enak-enak, maka burung Cendet jadi tidak tertarik lagi dengan makanan lainnya seperti voer. Padahal, pakan voer itu juga sangat penting karena didalamvoer  terdapat kandungan karbohidrat, lemak, dan mineral lainnya.

8. Burung Cendet mbagong
Ciri-ciri burung Cendet mbagong, jika dia didekati oleh seseorang maka burung Cendet akan mengembangkan sayapnya sembari mengeluarkan suara miyik ngiek-ngieknya seperti anakan burung Cendet. Selain itu juga, terkadang burung Cendet terlihat mengembangkan bulu-bulunya mirip seperti bola. Efek buruk mbagong pada burung Cendet karena terlalu banyak diberikan pakan jangkrik. Oleh karena itulah, ada baiknya pemberian pakan jangkrik dikurangi supaya burung Cendet tidak mbagong lagi.

Baca artikel sebelumnya : Burung Kenari yang Bagus Untuk Jawara Kontes

Nah, demikian saja pembahasan singkat mengenai Dampak Negatif Pemberian Pakan Jangkrik pada Burung Cendet tersebut. Silahkan buat yang cinta dengan burung yang satu ini, ikuti tips-tips diatas. Terima kasih banyak...

Sumber : burungnya.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah menyimak artikelnya, silahkan berikan komentar anda terkait ini...

 
Media Burung Indramayu © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top