Cara Membuat Burung Jalak Sangat Jinak hingga Mengikuti Keinginan Pemiliknya, Cara Membuat Burung Jalak Sangat Jinak hingga Mengikuti Keinginan Pemiliknya, Banyak yang sudah berhasil menjinakkan burung Jalak. Mengapa

Cara Menjinakkan Burung Jalak - Sudah banyak sekali kicaumania yang telah berhasil menjinakkan burung Jalak mereka. Bahkan, salah satunya yaitu seorang anak kecil yang bernama Revo. Revo mampu membuat seekor burung Jalak Riau tersebut menuruti semua kemauannya. Hebatnya lagi, burung Jalak miliknya justru menjaga Revo dari orang lain yang berniat jahat kepadanya.

Media Burung Indramayu yakin, kisah anak tersebut bisa menginspirasi anda untuk memperlakukan burung Jalak lebih baik lagi dari sebelumnya. Sebab, dengan berlaku baik pada hewan atau burung peliharaan, maka burung tersebut pun akan berterima kasih dengan cara mengikuti semua keinginan sang pemiliknya. Seperti halnya, pengalaman yang dialami oleh Om Handy dan Asri di Dusun Jalangge, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Mereka memiliki dua burung Jalak yang sudah jinak. Dua burung Jalak tersebut tidak takut dengan manusia dan bahkan justru terlihat memiliki kedekatan dengan sang pemiliknya. Bagaimana tidak, saat Om Handy dan Asri pergi, kedua burung Jalak miliknya akan mengikuti mereka.

Meskipun mereka pergi menggunakan kendaraan bermotor, namun dua burung Jalak yang sangat jinak tersebut akan tetap mengikutinya dari belakang. Asri juga sempat mengatakan bahwa burung Jalak peliharaannya ini bisa jinak seperti itu karena dirawat sejak masih anakan.

Jadi, ceritanya begini, Mbak Asri tak tega melihat kedua burung Jalak yang kehilangan indukannya setelah sarangnya terjatuh dari pohon. Kemudian Mbak Asri membawa anakan burung Jalak tersebut pulang dan merawatnya.

Di rumah, Mbak Asri sering mengelus-elus bulu burung Jalak tersebut sembari memberi mereka makanan dan memandikannya secara teratur. Lama-lama, tindakan yang penuh kasih sayang yang diberikan oleh Mbak Asri mendapatkan ‘balasan’ dari kedua burung Jalak tadi.

“Tak sering kasih makan, elus-elus, kasih mandi biar cepat jinak dan pintar,” kata Mbak Asri warga Dusun Jalangge, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, seperti yang dikutip dari Liputan6.com.

Burung Jalak milik mereka yang dirawat sejak kecil tersebut menjadi sangat jinak dan bahkan mau mengikuti ke manapun Mbak Asri pergi. Bahkan, burung Jalak yang sudah berusia 2 tahun ini tidak ragu bertengger di bahu dan bahkan di kepala orang yang baru ditemuinya.

Cara penjinakkaan burung Jalak yang kami sajikan disini bisa berjalan lancar apabila burung peliharaan milik Anda masih muda atau bahkan anakan. Tapi, kalau burung peliharaan milik Anda sudah tua, mungkin waktu penjinakkannya pun akan lebih lama atau tidak akan bisa maksimal. Semua itu tergantung usaha Anda dan juga karakter burung Jalak milik Anda.

Di samping itu juga, Anda harus bisa memperhatikan beberapa hal-hal berikut sebelum menjinakkan burung.

6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjinakkan Burung

  1. Kondisi burung harus sehat dan dalam keadaan fit.
  2. Lingkungan tempat latihan atau tempat penjinakkan sebisa mungkin terbebas dari gangguan hewan-hewan predator lain seperti kucing, anjing, ayam, dan kendaraan bermotor, serta aktivitas manusia.
  3. Jangan melakukan latihan penjinakkan burung pada siang hari sebab burung mudah stres dan bahkan tidak mau berkonsentrasi pada latihan yang Anda berikan.
  4. Jangan melakukan latihan penjinakkan burung pada sore hari, alasannya burung akan mudah kehilangan kontrol pada saat matahari terbenam. Jika hal ini dipaksakan maka burung kesayangan pun bisa mengalami gangguan penglihatan.
  5. Kalau sudah bisa melatih burung Jalak Kerbau atau Jalak Suren yang masih muda, karena dua jenis burung Jalak tersebut ini memiliki tingkat kecerdasan setara dengan burung paruh bengkok.
  6. Berikan makanan sekali saja, yakni pada pagi hari. Intinya, 3-4 jam sebelum anda memulai latihan penjinakan, pakan burung sendiri harus dijauhkan dari burung Jalak. Pasalnya, kondisi perut yang sedang lapar tentunya akan lebih mudah membuat burung menuruti perintah kita.

Setelah anda melakukan persiapan seperti diatas tersebut, kini anda harus melanjutkan ke tahap yang berikutnya yakni tahap penjinakkan burung yang telah dikutip dari situs omkicau.com.

Tahap Penjinakkan Burung Jalak

Perkenalan dengan cara memberi makanan ditelapak tangan
Burung Jalak dibiasakan untuk berada di luar sangkar. Kalau bisa sebaiknya lepaskan burung Jalak di ruangan yang tertutup saja, misalnya di kamar atau juga di ruangan lainnya. Kemudian letakkan sangkar burung di lantai dan lepaskan burung Jalak milik Anda. Biarkan burung mengeksplorasi ruangan sambil anda panggil-panggil dengan nama panggilan kesukaannya.

Langkah yang selanjutnya, cobalah pancing burung Jalak dengan siulan dan juga memberikan pakan berupa ulat Hong Kong ataupun voer di telapak tangan. Ini mungkin agak sedikit sulit, tapi biasakan untuk memberikan pakan dengan meletakkan di telapak tangan supaya burung Jalak cepat jinak.

Setidaknya cara tersebut dilakukan selama beberapa hari (3-4 hari, 2-3 kali sehari) hingga burung peliharaan Anda mau untuk mengambil makan dari telapak tangan Anda sendiri. Kalau burung Anda tidak mau makan, maka cobalah berikan pakan di lantai saja.

Melatih burung masuk sangkar
Setelah anda menjalankan latihan seperti memberikan pakan di telapak tangan anda, kini saatnya Anda untuk melatihnya masuk ke sangkar. Caranya, cobalah bersiul atau menggunakan kata-kata yang bisa dikenali oleh burung Anda. Di samping itu juga, pancing burung Anda dengan menggunakan pakan kesukaannya sambil anda tetap bersiul di belakang sangkar. Cara seperti ini harus dilakukan secara rutin hingga burung Anda mau masuk ke sangkarnya saat Anda suruh.

Melatih burung diluar ruangan
Tahap seperti ini memang sangat berisiko sekali karena burung Anda bisa kabur kapan saja. Tapi, kalau Anda yakin bahwa burung milik Anda sudah jinak maka Anda tidak perlu khawatir. Sebagai tindakan pengamanannya, sebaiknya ikat kaki burung menggunakan tali benang nilon.

Setelah diikat, lalu berdirilah dengan jarak 2-3 meter dari burung anda. Lalu, panggil burung anda sambil menunjukkan pakan berupa ulat Hong Kong, jangkrik, ataupun voer. Jika burung mau mengikuti perintah Anda, maka jarak Anda dan burung harus diperjauh, misal 10 meter.

Ingat kaki burung tetap harus diikat dengan tali benang nilon. Tali boleh dilepas jika burung sudah mau beberapa kali menghampiri Anda meskipun jaraknya cukup jauh.

Baca artikel lainnya : 33 Jenis Burung Cendet di Seluruh Dunia Lengkap dengan Gambarnya

Demikian ulasan tentang Cara Menjinakkan Burung Jalak tersebut. Mudah-mudahan anda tertarik untuk mencoba melakukan cara-cara penjinakkan diatas tersebut. Terima kasih banyak kunjungannya...

Sumber : burungnya.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah menyimak artikelnya, silahkan berikan komentar anda terkait ini...

 
Media Burung Indramayu © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top