Tips penanganan kacer macet bunyi | KLUB BURUNG, Cara Ampuh Mengatasi Burung Kacer Macet Bunyi, Cara Ampuh Mengatasi Burung Kacer Yang Stres Macet Bunyi

Cara ampuh Mengatasi Burung Kacer Macet Bunyi - Burung Kacer merupakan salah satu jenis burung kicauan yang rajin berbunyi dan bahkan bisa diisi pula dengan berbagai macam suara atau masteran burung. Itulah alasannya mengapa jenis burung yang banyak tersebar di Pulau Kalimantan, Sumatera, Jawa dan juga Bali ini sangat disukai oleh para pecinta dan peternak burung di Indonesia.

Selain karena suaranya yang bagus, burung ini juga terkenal mempunyai mental yang cukup bagus, memiliki suara yang jernih serta perawatannya yang tidak terlalu sulit. Meskipun demikian, bukan berarti setiap orang bisa mampu merawat burung kacer ini. Adakalanya anda pun menemukan masalah saat perawatannya. Beberapa masalah-masalah yang sering muncul pada burung kicauan di antaranya adalah, burung sering berubah menjadi mbagong, kemudian ada pula  burung yang macet bunyi.

Baca juga : Rahasia Cara Merawat Manuk Kacer Mabung agar Cepat Selesai

Khusus untuk masalah yang terakhir, yaitu, burung kacer yang macet bunyi, apabila anda menemukan masalah seperti itu, berikut ini adalah beberapa solusi yang bisa anda terapkan supaya burung anda kembali rajin berkicau atau nggacor.

Penyebab Burung Macet Bunyi

Berikut ini adalah beberapa faktor-faktor yang melatarbelakangi mengapa burung anda bisa tiba-tiba berhenti berbunyi atau burung macet. Diantaranya adalah:
  1. Karena burung akan mengalami stres yang mana disebabkan oleh perubahan lingkungan, atau juga karena lingkungannya yang terlalu berisik dan juga terlalu ramai, atau bahkan karena perlakuan setiap harinya.
  2. Bisa juga burung macet disebabkan karena sakit.
  3. Burung yang macet bunyi karena kesalahan perawatan pada saat mabung atau juga pergantian bulu.
  4. Dan lain-lain.

Solusi untuk Mengatasi Kacer Macet Bunyi

1. Lingkungan yang baik
Mulailah dengan cara memperhatikan lingkungan tempat anda meletakkan sangkar burung kacer kesayangan anda, baik pada saat dijemur maupun juga pada malam harinya. Apabila anda merasa bahwa lingkungan disekitar tersebut tidak cocok untuk burung kacer anda, maka cobalah anda memikirkan jalan alternatif lain tempat untuk meletakkan burung yang lebih tenang dan lebih baik.

2. Perawatan harian kacer
Perawatan harian burung kicau meliputi memandikan, menjemur dan memberikan extra food (EF). Perawatan tersebut itu tidak boleh berubah terlalu ekstrim atau juga tidak boleh terlewatkan. Apabila anda merasa perubahan dalam perawatan harian burung kicauan terjadi, cobalah untuk mengembalikannya ke kondisi semula supaya burung tidak lagi malas berbunyi.

Solusi khusus Mengatasi Burung Kacer Macet Bunyi

  • Tempatkan burung di area atau  lingkungan tersendiri yang bebas dari burung-burung sejenisnya atau juga tidak terlalu berisik dengan suara kicauan burung lainnya.
  • Pastikan kebutuhan vitamin, nutrisi burung dan lain-lainnya terpenuhi, baik itu menggunakan makanan extra berupa jangkrik, cacing, kroto dan lain-lain. Atau, anda juga bisa memberikan burung tersebut makanan yang khusus diformulasikan untuk burung Kacer dan bisa ditemukan di toko-toko burung terdekat anda.
  • Cobalah mengkrodong kandang burung kesayangan anda, kemudian perdengarkan audio selama beberapa hari untuk memancing burung agar bisa berbunyi lagi. Anda bisa mendownload beberapa jenis audio yang cocok untuk burung kesayangan anda di internet.
  • Memancing suara burung kesayangan dengan menggunakan buah-buahan segar. Salah satu jenis buah yang dipercaya bisa mampu mengembalikan kicauan dari Burung Kacer adalah buah pir (pear). Anda bisa memberikan terapi buat pear yang dicampurkan dengan kroto untuk mengembalikan stamina serta kebutuhan nutrisi burung tersebut.

Baca artikel sebelumnya : Cara Memilih Manuk Kacer Ombyokan Prospek agar Cepat Buka Paruh

Dalam beternak burung kacer itu memang ada gampang dan ada pula susahnya, tetapi kesusahan itu nantinya akan hilang seiring dengan proses dan juga berjalannya waktu, karena sang penangkar tersebut akan semakin berpengalaman dalam hal merawat burung kacer.

Nah, itulah pembahasan tentang Cara ampuh Mengatasi Burung Kacer Macet Bunyi tersebut. Silahkan anda coba cara-cara diatas apabila anda mendapati masalah yang seperti sedang kami bahas dalam artikel ini. Terima kasih banyak...

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah menyimak artikelnya, silahkan berikan komentar anda terkait ini...

 
Media Burung Indramayu © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top