Ciri-ciri Manuk Kacer Betina ala JPC Majasari, Ciri-ciri Manuk Kacer Jantan ala JPC Majasari, Manuk Kacer - Jembar Perkasa Club

Tips Menyiapkan Kacer agar Siap Lomba - Para pemilik burung kacer yang suka berlomba pastinya berharap jagoannya mereka bisa tampil maksimal dan juga memiliki mental bertarung yang sangat baik, termasuk burung tidak mudah mbagong saat dilombakan dalam kontes. Semuanya itu hanya bisa diperoleh dengan melalui perawatan harian dan jelang lomba secara tepat dan berlanjut. Berikut ini tips cara menyiapkan kacer agar siap lomba, khususnya melalui pengaturan pada pakannya.

Cara merawat burung kacer agar tampil maksimal itu sebenarnya cukup mudah dilakukan, yaitu dengan cara memberikan perawatan harian secara rutin, dan termasuk juga menyediakan pakan tambahan (EF) yang kaya akan protein.

Baca juga : Cara Memilih Manuk Kacer Ombyokan Prospek agar Cepat Buka Paruh

Pakan tambahan yang kaya protein tersebut seperti jangkrik menjadi menu wajib yang selalu ada setiap harinya. Makin tinggi kadar protein yang dikonsumsinya, maka makin “beringas” pula karakter burung kacer tersebut. Kondisi itulah yang bisa memicu birahinya sehingga burung kacer menjadi lebih rajin bunyi (gacor) dan juga akan memiliki sifat yang lebih agresif daripada biasanya.

Karena itulah, banyak sekali penggemar kacer yang senang bereksperimen dalam memperoleh setelan yang tepat atau pas, terutama porsi jangkrik dalam perawatan harian maupun juga perawatan menjelang lomba.

Berikut dibawah ini cara menyiapkan kacer supaya menjadi burung yang lebih siap ketika dilombakan nanti:
  1. Pagi dan sore hari, burung kacer hanya diberikan pakan jangkrik sebanyak 2 ekor saja. Pemberian pakan jangkrik yang sedikit ini sengaja dilakukan supaya burung tidak terlalu agresif dan tidak membuang energinya untuk sesuatu yang tidak penting. Contohnya saja seperti berkicau pada siang hari, ataupun menjadi galak pada burung lain maupun pemiliknya lantaran terlalu over birahi.
  2. Pemberian pakan jangkrik yang sedikit tentunya tidak dianjurkan bagi Anda yang memelihara burung kacer sebagai burung rumahan. Jika ingin mempunyai burung kacer yang rajin bunyi setiap harinya, maka pemberian pakan jangkrik minimal 5 ekor pada pagi dan sore harinya.
  3. Porsi kroto 1 sendok teh, dan diberikan selama 1-2 kali seminggu. Kroto ini sangat bermanfaat sebagai tambahan energi untuk mendongkrak stamina burung kacer.
  4. Sehari menjelang lomba ( H-1) atau sore hari menjelang matahari terbenam, burung kacer diberi pakan jangkrik dengan porsi  lebih dari 10 ekor. Beberapa penggemar bahkan sering memberikan jangkrik hingga 50 ekor supaya burung tampil lebih maksimal keesokan harinya.
  5. Setelah itu, burung kacer dikerodong dan dibiarkan beristirahat. Tetapi malam harinya, kacer diberikan mandi malam guna mencegah over birahi saat akan dilombakan.

Adapun perawatan lainnya sebelum burung kacer digantang tergantung dari karakter si burungnya. Ada burung kacer yang tetap dikerodong dan baru dibuka saat mau digantang, ada pula yang memberikan buah pisang dan 1 ekor jangkrik, serta ada juga yang dicas sesama peserta atau dengan burung kacer betina. Sekali lagi, semuanya itu tergantung karakter burung itu sendiri.

Yang terpenting dalam hal memelihara burung kacer untuk lomba yaitu menjaga birahi mereka agar tetap stabil, yang terutama selama 6  hari sebelum dilombakan untuk meredam emosi dan supaya burung tidak terlalu banyak mengeluarkan energinya. Burung baru dibuat birahi menjelang saat-saat akan dilombakan, yang biasanya dilakukan pada H-1.

Jika burung kacer lebih banyak ngetemnya, sehingga bisa mempengaruhi penampilannya, cara untuk mengatasinya bisa dilihat lagi pada artikel lainnya.

Baca artikel sebelumnya : Cara Mengatasi Manuk Kacer Macet paling Joss Gandoss

Nah, seperti itulah informasinya tentang Tips Menyiapkan Kacer agar Siap Lomba ini. Semoga tips-tips di atas bisa membantu para kicau mania khususnya para pecinta kacer mania yang sekiranya ingin memiliki jawara di perlombaan. Terima kasih banyak...

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah menyimak artikelnya, silahkan berikan komentar anda terkait ini...

 
Media Burung Indramayu © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top