Tips Perawatan Burung Kacer Mabung Total, Tips Perawatan Kacer Mabung Agar Semakin Gacor, Tips Merawat Burung 'KACER' Yang Mabung / Ngurak

Tips Cara Merawat Kacer Mabung agar Cepat Selesai -  Mabung atau proses pergantian bulu bisa dibilang merupakan masa istirahat bagi semua jenis burung dan unggas lainnya. Selama masa mabung, si burung akan mengurangi berbagai macam aktivitasnya termasuk juga berkicaunya. Dalam fase ini burung harus diberikan perawatan yang super ekstra supaya proses awal sampai selesai mabung bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga : 4 Rahasia Cara Membedakan Manuk Kacer Jantan dan Betina

Karena kesalahan dalam hal menangani burung yang sedang nyulam bulu bisa memunculkan berbagai macam masalah. Oleh sebab itulah, perlu penanganan yangg tepat terhadap burung kacer yang sedang menjalani masa mabungnya biar cepat tuntas atau selesai.

Tanda-tanda Kacer mau Mabung :
  • Burung tidak bergairah dan malas untuk bersuara.
  • Mata burung terlihat layu dengan tatapan yang kosong.
  • Bulu-bulu kecil burung berjatuhan 1-3 helai dan biasanya keesokan harinya bulu akan tampak lebih banyak berjatuhan.
  • Bulu tampak kusam dan tidak hitam mengkilap.

Untuk perawatan yang lama, mungkin anda sudah banyak mengerti, jika burung kacer yang mengalami kondisi seperti inii hendaknya segera di istirahatkan dan butuh perhatian khusus, dan jika sudah terlihat burung kacer milik anda dengan ciri-ciri seperti di atas hendaknya anda :
  • Beri EF sebanyak mungkin, misalnya kroto, jangkrik dan ulat hongkong selama seminggu full sebelum melakukan pengkrodongan.
  • Setelah satu minggu, hentikan pemberian EF, kemudian bersihkan kandang harian menggunakan shampoo jati jajar supaya kutu dan jamur yang tertinggal di sangkar harian hilang semuanya.
  • Krodongg full selama burung masih mabung, dan jangan mandikan burung sampai bulunya tumbuh sempurna.
  • Jangan sekali-kali memberi EF pada burung yang sedang mabung, sebab akan menimbulkan birahi yang tertekan dan berakibat buruk dikemudian harinya (pasca mabung).
  • Berikan pakan voer yang berkualitas baik supaya asupan gizinya terpenuhi.
  • Bersihkan kotoran burung dalam waktu 3 hari sekali, semprot dibagian sela-sela kandangnya dengan shampoo jati jajar dan dicampurkan dengan air sesuai takaran supaya kutu dan jamur menghilang.
  • Mengganti air minum, dan berikan ebod.

Ketika bulu-bulu sudah tumbuh dengan rapi dan tubuh tidak mengeluarkan kotoran putih seperti ketombe, maka mulailah anda melakukan proses pemandian. Usahakan burung dimandikan menggunakan shampoo jati jajar supaya kutu dan sisa kotorannya hilang sempurna

Setelah proses memandikan burung selesai jangan langsung di jemur, usahakan untuk langsung di krodong kembali dan diberikan jangkrik sebanyak 6 ekor sampai esok hari. Untuk keesokan harinya, buka kerodong dan jemurlah burung di terik matahari selama 3-4 jam, kemudian mandikan burung setelah proses penjemuran selesai.

Baca artikel sebelumnya : Cara yang Benar Merawat Manuk Kacer Bakalan agar Cepat Buka Paruh

Demikian informasi tentang Tips Cara Merawat Kacer Mabung agar Cepat Selesai. Semoga para pecinta kacer mania bisa mencoba menerapkan cara-cara seperti diatas tersebut khususnya bagi kacernya yang lagi mabung. Terima kasih banyak...

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah menyimak artikelnya, silahkan berikan komentar anda terkait ini...

 
Media Burung Indramayu © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top