jenis penyakit burung kenari dan pengobatannya, jenis penyakit burung kenari dan cara mengobatinya, macam penyakit burung kenari, macam penyakit pada burung kenari, jenis penyakit pada kaki burung kenari, penyakit jenis burung kenari f1, jenis jenis penyakit burung kenari, jenis penyakit pada burung kenari

Penyakit Burung Kenari dan Cara Mengobatinya - Memelihara burung Kenari itu memang tidak terlalu sulit. Tapi, kalau burung Kenari tersebut sudah terserang sakit, biasanya sang pemiliknya tidak selalu bisa mengobatinya. Terlebih lagi burung Kenarinya sendiri selalu menyembunyikan penyakitnya dari si pemilik. Mereka melakukan itu karena gengsi pada burung Kenari yang lain. Sehingga, dihadapan burung Kenari lainnya, mereka akan berlagak sehat dan bugar, padahal tubuhnya sih sedang sakit.

Nah, apabila Anda tidak mengetahui seperti apa ciri-ciri burung Kenari yang sedang sakit, maka Anda harus menyimak ulasan singkat yang satu ini. Burung Kenari yang sakit biasanya akan menunjukkan beberapa gejal atau tanda-tanda, seperti bulu burung Kenari terlihat kusam, bulu bagian leher bergetar-getar, matanya sering menutup atau bahkan terlihat mengantuk, dan lebih banyak diam.

Baca juga : Burung Kenari yang Bagus Untuk Jawara Kontes

Itulah ciri-ciri yang sering ditunjukkan saat burung Kenari sedang mengalami sakit. Setelah mengetahuinya, sekarang Anda saatnya harus mengenali beberapa jenis penyakit yang sering diderita oleh burung Kenari. Dalam penyakit-penyakit tersebut, Media Burung Indramayu juga menyertakan cara-cara untuk mengobatinya. Berikut ini beberapa penyakit burung Kenari beserta cara mengobatinya.

Jenis Penyakit Burung Kenari

1. Penyakit pernapasan
Burung Kenari yang sudah terserang penyakit pernapasan, penyebabnya adalah bakteri E.Coli. Jenis bakteri yang seperti ini bisa menyerang burung Kenari jantan maupun kenari betina. Ini harus segera diobati, sebab kalau dibiarkan bisa terjadi gagal penapasan kemudian burung kenari akan mati. Parahnya lagi, penyakit pernapasan pada burung Kenari ini bisa menular.

Penularan penyakit ini biasanya terjadi karena ada kontak langsung antar burung Kenari yang terinfeksi bakteri E. Coli dengan burung Kenari yang sehat. Selain itu juga, penyakit ini bisa muncul karena faktor keturunan, tempat pakan ataupun minuman yang kurang bersih, dan juga kandang yang dipakai bergantian.

Gejala penyakit pernapasan pada burung kenari :
  • Gejala penyakit pernapasan pada kenari bisa dideteksi dari ciri-ciri penyakit tersebut, contohnya seperti burung Kenari sering membuka paruh untuk melakukan pernapasan, burung Kenari sering bersin, hidung burung Kenari mengeluarkan ingus, tubuh lemas dan juga kurang bertenaga.

Cara mengobati penyakit pada burung kenari :
  • Cara sederhana mengobati penyakit pernapasan pada burung Kenari ini cukup mudah, yakni dengan cara memindahkan si burung Kenari yang sakit ke kandang isolasi. Kemudian, anda berikan pakan yang bersih dan juga air minum yang matang (sudah dimasak atau direbus). Terakhir, memberikan vitamin dan juga suplemen supaya burung Kenari Anda bisa lekas sembuh.

2. Penyakit berak kapur
Penyakit berak kapur pada burung Kenari sendiri bisa diketahui dari kotoran yang dikeluarkannya. Biasanya, kotoran burung Kenari yang sudah terkena penyakit ini berbentuk cair, dan memiliki warna putih, dibagian anus burung sering mengeluarkan lendir berwarna putih, bulu burung Kenari sangat kusut, kedua sayap lemas, dan juga napsu makan berkurang. Nah, usut punya usut, jenis penyakit berak kapur ini disebabkan oleh sebuah bakteri yang bernama pullorum.

Cara mengobati penyakit berak kapur pada burung kenari :
  • Cara mengobati penyakit berak kapur pada kenari sebagai berikut. Pertama, burung Kenari segera dipindahkan ke kandang isolasi, lalu anda berikan zat antibiotik setiap hari. Jangan lupa, Anda harus mencuci wadah pakan dan juga air minum burung Kenari dengan menggunakan bahan anti septik. Terakhir, memberikan menu makanan yang baru dan bersih serta air minum yang sudah dimasak atau juga direbus.

3. Penyakit bubul
Pernahkah Anda mendengar jenis penyakit bubul? Penyakit bubul ini adalah penyakit jamuran yang sering menyerang bagian telapak kaki binatang. Penyakit jenis ini cukup berbahaya dikarenakan bisa menular dan merempet ke bagian tubuh lainnya. Gejala penyakit bubul diantaranya ialah kaki burung Kenari akan membengkak, sisik kaki akan menjadi renggang, dan juga membengkak.

Cara mengobati penyakit bubul atau jamuran pada burung kenari :
  • Cara mengobati penyakit bubul, tetap sama, yakni Anda harus segera memindahkan burung Kenari kesayangan Anda ke kandang isolasi dan kemudian bersihkan kandang yang lama. Setelah itu, anda berikan obat merah pada kaki burung Kenari anda dan bersihkan tempat bertengger burung. Pijakan burung yang kotor itu juga bisa menyebabkan munculnya penyakit bubul atau jamuran.

Selain obat merah, Anda juga bisa memberikan si burung obat no kutu pada kakinya. Caranya mudah, cukup dengan mengoleskan obat tadi pada kaki si burung Kenari menggunakan kuas cat lukis yang kecil. Lakukanlah pengobatan setiap satu hari sekali, yakni pada sore hari atau juga malam hari. Setelah 10 hari, biasanya penyakit jamur tersebut ini akan hilang sendiri.

4. Penyakit cacingan
Penyakit cacingan pada burung Kenari itu selalu menyerang bagian sistem pencernaan. Biasanya hal tersebut itu terjadi akibat beberapa jenis cacing seperti, cacing yaiti, cacing tambang, cacing pita, dan juga cacing hati. Gejala yang akan ditimbulkan, pastinya napsu makan burung menurun drastis, burung terlihat lemas, bulu kusut, kotoran burung Kenari menjadi cair.

Cara mengobati penyakit cacingan pada burung kenari :
  • Cara simpel mengobati penyakit cacingan pada burung Kenari anda adalah dengan melakukan pembersihan pada kandang, wadah pakan minum, tempat bertengger, dan juga memberikan obat cacing yang dibeli di toko burung.

5. Penyakit kutu
Ternyata, burung Kenari itu juga bisa kutuan atau terserang penyakit kutu. Nah, burung Kenari yang sudah terkena kutu biasanya akan terlihat gelisah, sering mematuk-matuk bulunya, bulu rontok dan kusut, serta suara kicauan burung Kenari yang menjadi lemah.

Cara mengobati penyakit kutu pada burung kenari :
  • Cara mengobati penyakit burung kenari yang satu ini yaitu dengan cara memindahkan burung Kenari ke kandang isolasi. Jangan lupa anda juga untuk selalu sering membersihkan sangkarnya. Kemudian, lebih sering memandikan si burung Kenari dan tidak lupa untuk menjemurnya di pagi hari. Di samping itu juga Anda harus memberikan obat antibiotik khusus kutu yang bisa anda campurkan air tempat mandinya.

6. Penyakit snot atau coryza
Penyakit Snot atau Coryza ini ditandai dengan pembengkakan bagian kepala burung Kenari. Tanda lainnya, dibagian hidung, mata, dan juga telinga burung Kenari muncul benjolan yang berwarna kemerahan. Memang sangat mengerikan sekali. Ini semua disebabkan oleh adanya virus Hemophillus Gallinarum yang menyerang bagian muka dan juga kepala burung Kenari.

Virus tersebut ini diketahui menyebar melalui perantara dari burung lain, udara, debu, makanan, dan juga minuman. Tapi terkadang, penyakit Snot atau Coryza tersebut juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan.

Cara mengobati penyakit snot atay coryza pada burung kenari :
  • Cara mengobati penyakit pada burung kenari yang disebabkan oleh virus, berarti Anda harus memisahkan si burung tersebut dengan burung jenis yang lainnya. Setelah itu, anda berikan obat dan multivitamin supaya sang burung lekas sembuh total. Terakhir, bersihkan sangkar, dan termasuk kotorannya, tempat makan, hingga wadah minuman burung.


Baca artikel sebelumnya : 5 Cara Merawat Burung Kenari Sebelum Kawin

Nah, itulah tadi tentang beberapa jenis Penyakit Burung Kenari dan Cara Mengobatinya yang mungkin bisa membantu anda dalam merawat atau memelihara burung kesayangan anda dirumah nanti. Terima kasih banyak...

Sumber : burungnya.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah menyimak artikelnya, silahkan berikan komentar anda terkait ini...

 
Media Burung Indramayu © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top