Cara Ternak dan Merawat Burung Kolibri Untuk Pemula, cara perawatan burung kolibri anakan, Cara Meloloh Kolibri Anakan Agar Tetap Hidup, Dasar-dasar Dalam Memelihara Kolibri

Cara Meloloh Kolibri Anakan agar Tetap Hidup - Cara meloloh anakan burung kolibri merupakan sebuah hal yang terpenting agar burung anakan tetap hidup. Cara ini bisa dipraktekkan kesemua jenis burung kolibri seperti konin, wulung, sogok ontong, kolibri kelapa, sepah raja, maupun juga jenis yang lainnya.

Baca juga : Cara Melatih Mental Manuk Kolibri Ninja untuk Lomba

Cara Meloloh Kolibri Anakan

Sebelumnya saya terlebih dahlu akan membahas dulu alasan-alasan kenapa memilih bahan yang masih anakan. Ketika kita ingin mempunyai kualitas burung yang bagus, maka peliharalah burung sejak kecil atau masih lolohan.

Sebab burung yang masih diloloh atau anakan mudah dibentuk sesuai dengan keinginan kita atau pemiliknya baik dari segi karakter, isian dan lain sebagainya. Perlu kita ketahui juga bahwa ketika burung masih anakan, maka burung masih dalam golden periode.

Tetapi dalam merawat burung yang masih lolohan atau anakan dimana belum bisa makan sendiri memang tergolong cukup sulit. Hampir sebagian besar orang-orang yang mencoba merawat kolibri dari anakan itu berujung pada kematian.

Hal seperti ini terjadi dikarenakan ketidaktahuan para kicaumania-kicaumania dalam merawat anakan burung kolibri yang belum bisa makan sendiri (masih diloloh). Mereka kebanyakan memberi pakan burung anakan asal-asalan tanpa mengetahui atau juga mencari tahu terlebih dahulu.

Bisa dibayangkan sendiri, ketika seseorang yang tidak terbiasa dalam memakan daging lalu dikasih daging dan apa yang akan terjadi?. Masih minimnya informasi-informasi tentang perawatan kolibri membuat para kolibri mania di negara Indonesia masih banyak yang gagal dalam hal merawatnya.

Jangankan anakan kolibri, burung kolibri yang sudah dewasa yang sudah bisa makan sendiri saja pun masih banyak yang berujung pada kematian.

Langsung saja ke pokok pembahasan tentang bagaimana cara meloloh anakan kolibri agar tidak mati. Disini akan kita jelaskan tahap-tahap dalam meloloh burung kolibri hingga burung bisa makan sendiri.

Langkah pertama tahap awal
Pada tahap awal, baik yang belum keluar bulunya atau bulu sudah lengkap maka berikan pakan pada anakan burung dengan berupa kroto atau juga isi perut jangkrik. Hal ini untuk mengkondisikan si burung terlebih dahulu. Karena selama anakan di loloh indukan dialam  liar anakan kolibri hanya diberi makan serangga saja. Jadi, lakukan cara seperti ini kurung lebih selama 30 hari pada anakan yang baru muncul bulu jarum dan kemudian seminggu untuk burung yang sudah bulu lengkap.

Jangan memberi air gula sedikitpun supaya burung tetap hidup. Ketika meloloh kroto, sebaiknya basahi dengan air saja, fungsi air ini sebagai pelicin dan pengganti air minumnya. Loloh burung anakan kolibri sehari 4-5x saja sampai burung tersebut tidak mau diloloh lagi. Jangan terlalu sering-sering supaya burung tidak kekenyangan dan bisa berakibat kematian.

Langkah kedua tahappengenalan voer
Ketika burung anakan sudah memiliki bulu komplit dan burung bisa nangkring sendiri. Maka sudah saatnya pemilik atau kita kenalkan dengan pakan voer. Hal ini bertujuan ketika dewasa nanti burung anakan tersebut mau makan voer dan perawatanya menjadi mudah. Pada masa ini berikan campuran pakan voer lembut dengan kroto atau isi perut jangkrik dengan komposisi 1:2 yang dicampur dengan air.

Selanjutnya kurangi pakan kroto dan isian perut jangkrik secara bertahap hingga yang kita berikan hanya pakan voer basah saja. Taruh pakan voer didalam kandang dengan tujuan melatih membiasakan si burung mengenal pakannya. Ketika burung sudah lapar maka akan mencari sendiri dan akan makan sendiri tanpa harus diloloh.

Langkah ketiga tahap voer kering
Ketika burung anakan kolibri sudah mau makan sendiri, maka masa kritis sudah terlewati dan  burung pun sudah bisa ditinggal. Pada tahap seperti ini burung dikenalkan dengan voer lembut yang biasa dipakai oleh burung pleci atau prenjak. Jangan kenalkan burung dengan air gula terlebih dahulu karena biasanya burung hanya akan meminum air gula saja tanpa menyentuh voer sedikitpun.

Langkah keempat voer dicampur dengan gula pasir sebagai menu harian
Tahap akhir yaitu memberikan pakan voer yang dicampur gula pasir yang kasar. Dengan begitu burung tersebut juga mendapatkan asupan manis dari butiran gula. Tetapi bagi anda yang ingin menggunakan air gula bisa berikan air gula taruh dekat dengan pakan voer supaya burung mulai mengenal air gula. Jangan lupa juga ketika anda memilih menggunakan air gula selalu sediakan kroto.

Baca artikel sebelumnya : Rahasia Cara Menjodohkan Manuk Kolibri Ninja Jantan dan Betina

Itu saja pembahasan singkat mengenai Cara Meloloh Kolibri Anakan agar Tetap Hidup tersebut. Buat pecinta burung mungil yang satu ini, silahkan terapkan cara-cara yang sudah tertera diatas. Semoga berhasil dan terima kasih banyak...

Sumber : mediaronggolawe.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah menyimak artikelnya, silahkan berikan komentar anda terkait ini...

 
Media Burung Indramayu © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top