Cara Ternak Burung Lovebird Untuk Pemula Lengkap, Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula Dan Para Peternak, 9 Langkah cara ternak lovebird yang baik dan benar bagi pemula

Bisnis Ternak Lovebird - Selamat bergabung di website resmi Media Burung Indramayu yang selalu mengulas berbagai macam-macam informasi terkait dengan binatang peliharaan dan kontesan serta cara perawatan yang mungkin anda butuhkan. Nah, kali ini MBI akan mengulas tentang bagaimana cara beternak burung lovebird bagi pemula dan bagi semua peternak.

Budidaya atau ternak burung lovebird ini semakin marak, hal itu dikarenakan setiap harinya orang-orang yang berniat membeli burung cantik tersebut sehingga permintaannya pun juga semakin meningkat.

Baca juga : Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Sudah banyak masyarakat-masyarakat yang mencoba untuk membudidayakan burung lovebird tersebut karena sangat menguntungkan sekali. Burung lovebird ini merupakan burung yang sangat digemari oleh banyak masyarakat dan selalu menjadi primadona, hal itu dikarenakan burung kicau yang satu ini memiliki suara gacoran yang sangat merdu sekali. Selain itu juga warna bulunya pun cukup menarik perhatian.

Budidaya burung lovebird tersebut dianggap sangat menjanjikan sebab saat ini permintaan dari burung yang berwarna cantik tersebut semakin meningkat drastis dan tidak hanya di kota-kota besar saja tetapi kini sudah mulai merambah di pedesaan. Buat anda yang ingin beternak burung lovebird tentunya anda harus mempersiapkan berbagai hal.

Ternak lovebird itu memang susah-susah gampang khususnya bagi yang masih pemula. Tetapi kalau yang sudah berpengalaman tentunya bukan hal yang sulit karena apabila caranya tepat maka hasilnya pun sangat memuaskan. Tetapi bagi pemula hal ini tentunya bukanlah perkara yang mudah karena kita harus mempersiapkan berbagai hal mulai dari pakan yang tepat, kandang selalu bersih dan masih banyak lagi.

Sejatinya burung lovebird itu merupakan salah satu jenis hewan yang setia terhadap pasangannya tapi setelah di ternak maka anda bisa saja membuat burung lovebird ini bersifat poligami atau alias memiliki banyak sekali pasangan. Burung lovebird ini merupakan hewan endemik Afrika yang kemudian mulai menyebar luas ke berbagai daerah di seluruh dunia termasuk Indonesia, untuk bisa sukses dalam beternak burung lovebird di tanah airnya tentunya anda harus memperhatikan beberapa faktor-faktor apa sajakah itu berikut ulasan lengkapnya.

Memilih Bibit
Yang harus anda perhatikan pertama kali yaitu memilih 1 pasangan Lovebird tetapi menentukan antara burung lovebird betina dan lovebird jantan sangatlah sulit sehingga untuk membelinya anda harus meminta bantuan kepada orang-orang yang sudah berpengalaman.
  • Biasanya ukuran kepala lovebird betina sedikit lebih kecil.
  • Lovebird betina memiliki tulang panggul yang lebih lebar karena untuk bertelur.
  • Pada saat burung bertengger. Kaki milik Lovebird betina akan sedikit renggang daripada lovebird pejantan.
  • Jangan tertipu dengan burung Lovebird yang berpasangan. Dengan kata lain, ada banyak burung Lovebird yang berpasangan sesama jenis.
  • Bentuk tubuh dari burung Lovebird betina lebih bulat dan terasa berisi.
  • Lovebird betina mempunyai suara kekek yang lebih panjang.

Usia Produktif
Setelah anda memilih satu pasangan lovebird yang tepat, langkah yang berikutnya yaitu harus bisa mengetahui masa-masa produktif burung lovebird tersebut, usia produktif bagi Lovebird betina ialah jika sudah berusia delapan bulan, sedangkan usia produktif untuk yang lovebird jantan berusia satu tahun.

Menentukan Tujuan Breeding
Jika anda ingin menghasilkan burung Lovebird yang bersuara bagus, maka sebaiknya anda memilih lovebird betina yang memiliki suara bagus. Tapi apabila anda menginginkan warna yang bagus, maka sebaiknya juga anda mengawinkan antara pejantan dengan beberapa betina. Anda bisa juga melakukannya dengan metode poligami seperti satu pejantan dikawinkan dengan banyak lovebird betina.

Sangkar Lovebird
Ada banyak sekali teknik yang dilakukan oleh sebagian para peternak burung lovebird profesional mulai dari menangkar dengan cara menyatukan beberapa pasangan namun ada juga yang hanya memilih 1 pasangan dalam satu sangkar saja. Hal itu bertujuan agar cepat berkembangbiak dalam sangkar tersebut, sebaiknya selalu anda isi dengan beberapa ranting daun kering dan lain sebagainya yang nantinya akan digunakan sebagai tempat bertelur.

Sangkar burung lovebird kira-kira ukurannya antara 40 x 40 x 40 / 50 x 50 x 50 cm. Jangan lupa juga untuk memberikan tempat bertelur (sarang). Bisa dibuat dari kotak yang berukuran 20 x 25 x 25 cm.

Mengawinkan Lovebird
Untuk mengawinkan sepasang burung lovebird bukanlah hal perkara yang sulit kok. Cukup anda taruh didalam satu sangkar selama beberapa hari dan hasilnya bisa diketahui apabila lovebird betina memiliki ciri-ciri membuat sarang dengan mengumpulkan daun dan juga ranting jika sudah bertelur, maka induk akan mengeram selama 22 sampai 25 hari.

Merawat Anakan
Apabila anakan lovebird tersebut sudah menetas, maka langkah yang anda harus lakukan adalah dengan cara memberi makan anakan lovebird tersebut dengan membelinya di toko pakan terdekat. Tapi apabila sulit mendapatkannya anda juga bisa memberikan makan anakan lovebird tersebut itu dengan menggunakan bubur bayi.

Baca artikel sebelumnya : Jenis Burung Lovebird Lengkap dengan Gambar

Demikianlah informasi tentang Bisnis Ternak Lovebird tersebut. Nah, buat anda yang masih pemula, sebaiknya baca artikel di atas dan pelajari tips-tips yang sudah dijelaskan dalam artikel di atas tersebut. Terima kasih banyak...

Sumber : hargacara.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah menyimak artikelnya, silahkan berikan komentar anda terkait ini...

 
Media Burung Indramayu © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top