kenari f1 lizard, kenari lizard solo, harga burung kenari lizard, harga kenari lizard lokal, download mp3 kenari lizard, kenari lizard dijual, kenari lizard harga, kenari lizard import, gambar burung kenari, kicau burung kenari mp3 free download, video burung kenari, burung kenari jantan, daftar harga burung kenari

Fakta Menarik tentang Kenari Lizard - Salah satu jenis burung Kenari yang paling sangat eksotis adalah jenis Kenari Lizard. Mengapa dikatakan eksotis? Karena, corak bulu pada tubuhnya terlihat seperti sisik kadal. Dan warnanya pun lebih unik jika dibandingkan dengan bulu burung Kenari jenis lainnya. Maka tidak heran, banyak sekali kicau mania yang memelihara jenis burung Kenari Lizard karena tertarik dengan warnanya yang unik.

Burung Kenari Lizard sendiri sebenarnya salah satu jenis burung kenari yang masuk dalam kategori Kenari warna atau colour bred canary. Sehingga bisa dipastikan keunggulan burung Kenari Lizard ini bukan terletak pada postur tubuh atau suaranya, tetapi warnanya yang khas seperti kadal.

Sedikit bercerita tentang sejarah dari burung Kenari Lizard. Ternyata, jenis Kenari Lizard ini merupakan burung Kenari tertua dalam varietas burung Kenari warna. Pada tahun 1700-an, burung Kenari Lizard ini mulai dikembangkan di negara Perancis. Sejak saat itulah, penyebaran burung Kenari Lizard kini bertambah luas hingga ke seluruh penjuru dunia, termasuk juga Indonesia.

kenari f1 lizard, kenari lizard solo, harga burung kenari lizard, harga kenari lizard lokal, download mp3 kenari lizard, kenari lizard dijual, kenari lizard harga, kenari lizard import, gambar burung kenari, kicau burung kenari mp3 free download, video burung kenari, burung kenari jantan, daftar harga burung kenari
Sayangnya, di tahun 1900-an burung Kenari Lizard ini dikabarkan hampir punah. Hal ini disebabkan oleh perang dunia dan juga meluasnya wabah penyakit pada saat itu. Meskipun begitu, pada tahun 1940-an Kenari Lizard ini mulai dibudidayakan lagi supaya tidak punah. Salah satu asosiasi pecinta Kenari Lizard yang telah berhasil menyelamatkan populasinya hingga sekarang ini adalah Lizard Canary Asociation atau yang sering juga dipanggil Asosiasi Kenari Kadal Inggris Raya.

Baca juga | Mengenal Perbedaan Kenari Jenis F1 dan AF


Penangkaran yang bertujuan untuk melestarikan burung Kenari Lizard akhirnya menghasilkan berbagai macam jenis Kenari Lizard dengan warna yang sangat menarik. Setidaknya, terdapat empat jenis burung Kenari Lizard dengan berdasarkan ciri khas pada warna bulunya.

Jenis Kenari Lizard
  • Burung Kenari Lizard Merah (Red Lizard Canary)
  • Burung Kenari Lizard Biru (Blue Lizard Canary)
  • Burung Kenari Lizard Emas (Gold Lizard Canary)
  • Burung Kenari Lizard Silver (Silver Lizard Canary)

Ciri-ciri Kenari Lizard
  • Postur tubuh burung Kenari Lizard berukuran 13-14 cm
  • Motif bulu burung Kenari Lizard seperti kadal di bagian punggung dan dadanya
  • Sayap dan ekornya berwarna hitam
  • Bagian tubuh kenari lizard tertentu berwarna gelap, seperti paruh, kaki, dan juga kuku-kukunya
  • Bagian kepala burung Kenari Lizard tampak seperti mengenakan sebuah topi tetapi tidak semua jenis memilikinya
  • Tipe kepala atau topi burung Kenari Lizard ada lima, yaitu clear cap (botak tengah seperti tidak ada bulu), non capped (kepala ditumbuhi bulu), near non cap Lizard (kepala ditumbuhi bulu sedikit), nearly clear cap (bulu kepala sedikit), dan juga broken cap (kepala botak bulu agak rusak)

Cara Membedakan kenari Lizard Jantan dan Betina

Burung kenari lizard jantan
  • Bulu lebih cerah dengan warna yang lebih tegas
  • Motif sisik kadal lebih sedikit, yang terutama pada bagian dada dan panggul
  • Postur tubuh gagah dan bahu jauh lebih lebar
  • Sorot mata sangat tajam
  • Perilaku jauh lebih agresif

Burung kenari lizard betina
  • Kenari Lizard betina mempunyai melanin dan phaeomelanin lebih banyak daripada burung Kenari Lizard jantan, yang terutama pada bagian dadanya
  • Warna bulu cenderung lebih kusam
  • Corak sisi bervariasi, lebih besar, dan jumlahnya pun lebih banyak daripada Kenari Lizard jantan
  • Terkadang mempunyai bentuk bulu yang lebih pendek
  • Postur tubuh jauh lebih bulat, terkadang terlihat montok dan bahkan gemuk
  • Sorot mata lebih lembut

Lainnya | 6 Penyakit Burung Kenari dan Cara Mengobatinya


Fakta Menarik Tentang Burung Kenari Lizard

1. Kenari lizard sudah muncul sejak ratusan tahun yang lalu
Banyak kalangan yang telah menyebutkan bahwa Kenari Lizard itu termasuk “fosil hidup”, lantaran sudah muncul sejak beratus-ratus tahun yang lalu. Deskripsi mengenai jenis burung Kenari Lizard telah dipublikasikan sejak tahun 1742, tetapi telah dikembangkan di negara Perancis sejak awal tahun 1700.

2. Kenari lizard adalah kenari hias yang mewah
Meskipun memiliki lagu-lagu yang menarik, Kenari Lizard lebih dianggap sebagai burung hias yang mewah, terutama karena motif bulu-bulunya yang sangat kontras, seperti yang disadur dari Omkicau.

3. Kenari lizard memiliki struktur warna yang berbeda
Warna dasar burung Kenari Lizard sangat berbeda dari jenis-jenis Kenari lainnya, khususnya dari rona dan juga intensitasnya. Hal itu terutama disebabkan adanya kombinasi struktur bulu, bagian dasar yang gelap, serta metabolisme yang tidak biasa dari pigmen warna yang dimiliki Kenari Lizard.

4. Kenari lizard bukan termasuk jenis kenari umum
Kenari Lizard menjadi satu-satunya jenis burung Kenari yang tidak umum, dan tidak termasuk dalam kelompok Kenari tipe postur maupun juga lagu atau penyanyi. Kenari Lizard lebih dianggap sebagai burung Kenari motif yang mudah dikenali dari pola-pola di bulunya.

5. Penampilan kenari lizard tidak pernah berubah
Sejak pertamakali dikembangkan hingga sekarang ini, Kenari Lizard tetap mempunyai bentuk seperti aslinya. Meskipun kini banyak ditemukan beragam varietas lainnya, tetapi penampilannya cenderung tidak berubah dan tetap pada ciri khasnya, yakni topi.

6. Topi kenari lizard ada banyak
Kenari Lizard mempunyai ciri khas topi yang unik dan beraneka ragam, seperti clear cap (botak tengah seperti tidak ada bulu), non capped (kepala ditumbuhi bulu), near non cap Lizard (kepala ditumbuhi bulu sedikit), nearly clear cap (bulu kepala sedikit), dan broken cap (kepala botak bulu agak rusak).

7. Kenari lizard memiliki penampilan seperti burung gereja
Kenari Lizard adalah contoh klasik dari kisah “itik buruk rupa yang berubah menjadi angsa cantik”. Ketika berumur remaja, burung Kenari Lizard mempunyai penampilan seperti burung Gereja. Tapi, setelah menyelesaikan mabung pertamanya, penampilan Kenari Lizard akan berubah total dan menjadi jauh lebih cantik.

8. Kenari lizard mudah diketahui umumnya
Sangat mudah sekali untuk mengetahui umur burung Kenari Lizard, hanya dengan cara mengamati penampilannya. Burung yang sudah berumur atau berusia lebih dari 1 tahun atau sudah melewati mabung keduanya, bisa dikenali dari bercak putih yang terdapat pada ujung sayap dan ekornya.

9. Kelamin burung kenari lizard mudah dibedakan
Pada jenis burung Kenari lainnya, identifikasi jenis kelamin itu sulit dilakukan kalau hanya melihat dari segi penampilannya saja. Nah, hal sebaliknya terjadi pada burung Kenari Lizard. Burung Kenari Lizard jantan dan betina mudah dibedakan dengan melalui penampilan fisiknya. Contohnya, motif sisik kadal pada bulu Kenari Lizard jantan lebih sedikit ketimbang Kenari Lizard betina.

10. Kenari lizard mudah dibudidayakan atau diternak
Banyak sekali peternak menganggap burung Kenari Lizard sebagai burung yang aktif dan subur. Selain mudah dipelihara, burung Kenari Lizard juga mudah dibudidayakan atau diternak. Tak heran jika burung ini bisa bertahan selama beratus-ratus tahun.

11. Kenari lizard pernah hampir punah
Sebelum popular seperti sekarang ini, Kenari Lizard pernah dianggap hampir punah di awal tahun 1900-an. Hal ini terjadi akibat Perang Dunia I dan II, serta wabah penyakit yang melanda dunia saat itu. Pada pertengahan tahun 1940-an, beberapa pasang burung Kenari Lizard yang berhasil diselamatkan kemudian diupayakan untuk dikembangbiakkan dan tetap dilestarikan hingga sekarang.

12. Pigmen hitam kenari lizard tersebar di seluruh tubuh
Dibandingkan dengan jenis burung Kenari lainnya, Kenari Lizard mempunyai pigmen hitam yang tersebar ke seluruh tubuhnya, mulai dari bulu, sayap, ekor, kaki, dan kuku-kukunya. Kualitas dari pigmen hitam tersebut membentuk warna gelap yang lebih tajam.

Baca | Harga Burung Kenari Naik Lagi, Ini Daftar Harga Kenari di Kota Malang


Back to Homepage
Sumber : burungnya.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah menyimak artikelnya, silahkan berikan komentar anda terkait ini...

 
Media Burung Indramayu © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top