Meloloh Anakan Kacer Dilakukan Tiap 20 Menit Sekali, Tips menyapih piyikan kacer ala Om Fandy, √ Pakan Anakan Burung Kacer Umur 6-30 Hari Atau Sampai Panen

Meloloh Anakan Kacer Dilakukan Tiap 20 Menit Sekali - Konsekuensi yang harus dilakukan Sahabat Media Burung Indramayu ketika menyapih atau mengambil piyikan/anakan burung dari asuhan sang Induknya ialah harus meloloh/handfeeding, dan itu sangat mutlak dilakukan untuk kelangsungan hidup dari setiap piyikan atau anakan yang kita ambil baik dari penangkaran alam maupun juga penangkaran yang ada di rumah masing-masing.

Khusus bagi para pemikat, umumnya mereka mulai mengambil anakan atau piyikan kacer mulai dari usia 1 hari, anakan yang berhasil di ambil dari sarang indukannya mulai di pindah, media yang digunakan untuk menyimpan burung anakan  biasanya terbuat dari serat nanas, rumput kering atau juga bisa menggunakan kain kemudian dimasukkan ke dalam kardus atau besek berikut lampu penerangan yang berguna untuk menghangatkan suhu ruangan.

Baca juga : Rahasia Cara Beternak Manuk Kacer untuk Pemula

Menurut sumber mediaronggolawe.com Piyik atau anakan burung yang berusia 1 hari, umumnya di loloh/handfeeding tiap 20 menit sekali dalam sehari, hal tersebut ini dilakukan untuk mengantisipasi kematian pada burung anakan yang baru saja kita cabut dari sarang induknya.

Bahan-bahan yang di gunakan untuk meloloh burung anakan kacer antara lain, kroto, UH dan Voor, kroto itu berfungsi untuk membentuk tubuh burung piyikan, dan UH untuk menghangatkan suhu tubuh si burung sedangkan Voor digunakan untuk melatih anakan supaya terbiasa makan hingga berusia dewasa.

“Sebelum di lolohkan pada burung anakan Kacer, Semua bahan-bahan di jadikan 1 dan kemudian di beri air hangat, voor di hancurkan hingga halus, dalam kondisi halus dan hangat lalu pakan mulai dilolohkan dengan menggunakan sendok plastik bekas minuman ringan atau bisa juga menggunakan pinset“ terang Om Rija salah seorang pengepul burung Kacer lolohan.

Om Rija yang masih baru mendatangkan burung kacer asal Sumatra ini setidaknya sudah beberapa kali merawat dengan hal yang sama dan hasilnya pun sangat memuaskan.

Untuk menjaga kesehatan pada burung piyik kacer, setidaknya nyaris setiap hari Om Rija selalu membersihkan dan bahkan mengganti alas yang terkena kotoran oleh burung, serta 1 minggu sekali mencuci kerodong burung maupun sangkar yang digunakan pada burung piyik tersebut dengan menggunakan shampo jatijajar.

“Ketika piyik kacer yang sudah menginjak usia 1 bulan/sudah bisa makan sendiri maka pada tiap air minumannya kami berikan multivitamin Ebod Vit dengan takaran 5 tetes per hari, hal tersebut ini rutin kami lakukan supaya kebugaran tubuh burung tetap terjaga serta tidak terpengaruh oleh kondisi cuaca yang tidak menentu seperti sekarang-sekarang ini“ imbuh Om Rija.

Proses Pemasteran

Jika di gambarkan posisi inkubator sederhana yang di gunakan sebagai tempat atau wadah piyik di letakan agak rendah, kemudian di atasnya digantangkan beberapa sangkar yang berisikan burung-burung master.

Pemasteran terhadap burung anakan kacer mulai dilakukan ketika si burung berusia 3 hari secara berlanjut hingga anakan sudah berusia mencapai 1 bulan, di mana pada usia-usia tersebut anakan kacer mulai di masukkan ke dalam sangkar tersendiri, dan selanjutnya di lakukan pemasteran tahap yang ke dua.

Pada dasarnya burung Kacer itu merupakan jenis burung yang cerdas karena kemampuannya yang bisa menirukan gaya suara dari burung-burung lain yang biasa di dengarnya, untuk memasteri anakan burung kacer maka sebaiknya pilihlah burung master yang memiliki suara ngerol dan suara tembakan/tonjolan.

Berikut ini beberapa contoh jenis burung master yang kerap dijadikan sebagai suara masteran, antara lain sebagai berikut:

Burung Master bertipe Suara Ngeroll :
  • Burung Rambatan.
  • Burung Srindit.
  • Burung Greja.
  • Burung Colibri Raja.
  • Burung Sogok Ontong.

Burung Master bertipe Suara Tembakan/Tonjolan :
  • Love Bird.
  • Platuk Sampit.
  • Murai Air.
  • Kenari.
  • Cucak Jenggot/ Kapas Tembak.

Baca artikel sebelumnya : Rahasia Cara Menjodohkan Manuk Kacer Jantan dan Betina

Nah, itu saja pembahasan Meloloh Anakan Kacer Dilakukan Tiap 20 Menit Sekali tersebut. Kini silahkan giliran anda untuk mencoba lakukan tips-tips yang sudah kami bahas di dalam artikel ini dan semoga anda berhasil dan sukses. Terima kasih banyak...

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah menyimak artikelnya, silahkan berikan komentar anda terkait ini...

 
Media Burung Indramayu © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top